Apalah Arti Sebuah Nama ???


Apalah arti sebuah nama….
Sering kan denger kalimat itu??
Biasanya sih kalimat itu keluar klo lagi kenalan sama gebetan,,
Terus masalahnya apa??
Menurut gue kalimat tersebut adalah kalimat yang ambigu,, gimana engga coba orang tua tuh namain kita jelas ada artinya..
Nama gue..

ANDHIKA MANGGALA PUTRA PRATAMA PARTAKUSUMAH

Hunting di kamus besar bahasa Indonesia, ini deskripsi nama gue :
Andhika                : kamu, kalo dari bahasa sansekerta = > gunung (yang tertinggi)
Manggala              : Pemimpin, Penatar tingkat tinggi, pelindung rohani
Putra                     : anak laki laki
Pratama                : Pertama
Partakusumah       : Nama keluarga,, dari kakek gue

Jadi secara harfiah nama gue artinya
  1. Kamu adalah pemimpin laki laki pertama di keluarga Partakusumah.
  2. Kamu adalah anak laki laki pelindung rohani di keluarga Partakusumah.
  3. Kamu adalah anak laki laki yang menatar keluarga Partakusumah.

Lumayan keren kan??
Nah berarti sedari lahir, babeh udah naro ekspektasi yang tinggi ke gue buat jadi seorang pemimpin, at least mimpin di keluarga gue sendiri.

Dari nama yang Beliau kasih, gue anggap Beliau berharap kelak gue bisa gantiin posisinya buat mimpin keluarga ini (Ceileeeee).

Buat bisa ngelindungin rohani keluarga gue, dalam artian gue bisa ngebimbing keluarga gue buat menuju ke arah yang lebih baik di kehidupan rohaniah.

Buat bisa jadi penatar *ehmm, gue belum begitu paham artinya penatar* *keburu ditutup kamusnya* *skip*.

Nah dari penjelasan gue itu,, sedikit nya udah ngebuktiin kan kalo nama itu sebenernya PUNYA ARTI,, makanya gue suka heran,, gue kesel,, gue sedih, sedih sesedih sedihnya orang sedih  kalo ada yang bilang  APALAH ARTI SEBUAH NAMA …
Setahu gue,, Nama adalah sebuah DOA yang diberikan orang tua ke anaknya, dengan harapan anaknya dapat mewujudkan doa yang disematkan dalam sebuah nama.
Makanya,, jangan pernah lu anggap remeh nama lu sendiri,, semua ada artinya sob..

Lah terus,, kenapa gue dipanggil UCHA ??
Ceritanya gini,, gue waktu kecil tuh rada cadel ,,
Almarhum nenek gue manggil gue PUTRA,, dan gue kecil susah untuk nyebut nama  itu, setelah gue berusaha keras , sampe gue keringetan, gue tetep ga bisa, gue Cuma bisa bilang UCHA dalam tiap penyebutan nama PUTRA.

Lepas balita, dan gue masuk SD,, gue bilang sama babeh klo gue ga mau dipanggil ucha lagi klo udah SD (meskipun bocah, saat itu gue udah punya gengsi yang cukup gede) karena gue anggap nama UCHA kurang begitu komersil. Mangkanya gue minta di panggil nama ANDHIKA aja sesuai KTP gue..

Hari hari mulai berlalu, dan dengan berhasil gue lewatin hari hari gue di SD dengan nama panggilan Andhika..
Tapi bencana mulai muncul saat gue masuk kelas3 SD, ada anak yang baru masuk ke sekolah gue, dia masuk SD dari kelas 1, pas gue lagi ngMOS tuh bocah , #jlebb ternyata ohh ternyata namanya  IDENTIK sama nama gue , #langsungkaget #jogetjoget.

Setelah gue usut, ternyata manusia satu itu yang punya nama identik sama gue ternyata adek gue,, yang biasa di rumah di panggil “ade” , “dede”, “kutu” “tikus” “kotoran sapi” eh ternyata namanya sama, identik, bahkan untuk pembuatan inisial pun sama..
Namanya ANDHIKA MANGGALA PANCA PRAKASA PARTAKUSUMAH..

Ga,, gue ga mau jelasin arti nama nya ,
Yang bakal di bahas,, kehadiran doi di sekolah gue mulai merubah jalan pandang hidup gue,,
Gue bakal tinggalin nama ANDHIKA , kenapa??
Bukan karena gue ga mau dibandingin atau disamain sama adek gue,, tapi percayalah punya nama yang identik kadang lebih nyusahin dari yang mukanya identik.

Ketuker baju seragam yang jelas jelas ada bet nama di dadanya?? Si kembar mana yang sampe kebangetan ketuker baju seragam..

Pas ada pengumuman di sekolah model manggil nama pake toa gitu,, yaa ga sekali dua kali kita datang barengan ke ruang guru,, meskipun asal kelas disebut, tapi nama kan yang di denger lebih duluan..

Dari situ gue putusin untuk ngembangin bakat gue yang lain,, bakat untuk dipanggil UCHA..
Menurut gue itu lebih simple dan fair,, terserah dh ade gue mau dipanggil apaan..
Emang masalah ga ilang gitu aja, kadang kadang guru yang ngabsen masih suka nanya “loh bukannya kamu tuh kelas xxx” , hei bu guru itu adek saya jawab gue dengan bijak.

Sebenernya sih masalah pelik (harusnya) selesai di jaman sd doank,,
Wong SMP dan SMA kita dah ga satu sekolah lagi,,
Tapi emang hidup ga lepas dari polemik, seiring berjalannya waktu di zaman social media udah merebak kaya bau kentut di dalem lift.

Ada ada aja,,

Ada cewe yang ngeADD gue di fesbuk,, gue confirm

Terus selang beberapa waktu doi ngpost di wall gue,, “I Miss you”
Yaa jelas gue kaget donk, perasaan gue ga pernah selingkuh deh *ehem*
Tapi tiba tiba aja ada cewe ngepost gitu,, pas gue selidikin ternyata itu cewe nya ade gue,,
PLEASE DEH masa iya ga tahu muka cowo sendiri sih??
Apa cewe itu lebih ngarep ke gue?? Apa karna gue lebih tampan??
Kita ikutan organisasi yang sama, dan temen temen (masih) sering ketuker juga bedain kita??

FYI : kita ga ada mirip miripnya sama sekali ,,

Klo di dunia hiburan gue lebih mirip DAO MING TSE doi lebih mirip DAO SANG TJONG

Dan dewasa ini,, gue lebih enjoy dipanggil UCHA
Meskipun awalnya karena terpaksa, sekarang sudah terbiasa


#tariknapas #nahannapas #susahnapas

Itulah curhatan gue tentang nama, sekali lagi nama itu penting,, jangan sekali kali bilang APALAH ARTI SEBUAH NAMA.
Meskipun namanya Rusdiyanto, Sarmono, Surili semua tetep ada artinya kok..

Percayalah
Percayalah..

Signature :
Name      @andhikaMPPP
Nick        : Ucha
Age         : 22 years
Status      : in Relationship (Even LDR)
Job          : Activies, Actor, Lawyer

4 komentar:

  1. ohh jadi begitu ceritanya..

    *geleng-geleng kepala*

    BalasHapus
  2. muahahahahhaha

    begitulah :D

    BalasHapus
  3. gokill... trus arti nama Adek lu apa Om???

    BalasHapus
  4. Andhika Manggala Panca Prakasa Partakusumah

    artinya

    Kamu pemimpin ke Lima yang perkasa di keluarga partakusumah :D

    BalasHapus